Wikifunctions:Pengumuman status/2024-02-01

From Wikifunctions
This page is a translated version of the page Wikifunctions:Status updates/2024-02-01 and the translation is 100% complete.
Pengumuman status Wikifunctions Translate

<translate> Abstract Wikipedia via mailing list</translate> <translate> Abstract Wikipedia on IRC</translate> <translate> Wikifunctions on Telegram</translate> <translate> Wikifunctions on Mastodon</translate> <translate> Wikifunctions on Twitter</translate> <translate> Wikifunctions on Facebook</translate> <translate> Wikifunctions on YouTube</translate> <translate> Wikifunctions website</translate> Translate

Selamat datang ke nawala pertama kami yang diterbitkan di Wikifungsi sendiri!

$1: Imperatif Igbo!

Saya sedang berbicara dengan Uzoma Ozurumba, seorang Spesialis Hubungan Komunitas yang bekerja di Wikimedia Foundation, dan mendemonstrasikan fungsi Wiki kepadanya. Uzoma adalah anggota pendiri Grup Pengguna Wikimedian Igbo. Igbo adalah bahasa utama Orang Igbo yang tinggal di bagian Tenggara Nigeria, dan digunakan oleh lebih dari 44 juta orang. Igbo juga merupakan salah satu dari lima bahasa fokus Wikipedia Abstrak, fungsi Wiki, dan penyempurnaan Wikidata terhadap data leksikografis.

Sebuah video dari bahasa Igbo yang diucapkan.

Igbo saat ini diwakili dengan lebih dari 3.900 Lexemes di Wikidata, menjadikannya bahasa ke-34 berdasarkan jumlah Lexemes, sebelum Punjabi dan Polandia, dan setelah Portugis dan Mandarin. Di Wikifunctions, pada awal bulan September, fungsi pertama untuk Igbo telah dibuat, menambahkan preposisi 'na' pada sebuah kata.

Saat saya berbicara dengan Uzoma, saya menunjukkan padanya fungsi lain, yang mengambil bentuk dasar kata kerja dan menciptakan imperatif, bentuk yang digunakan untuk membuat perintah. Fungsi tersebut dibuat hanya beberapa hari sebelum pertemuan saya dengan Uzoma. Saya tidak ingat kata kerja mana yang saya gunakan untuk menunjukkannya kepada Uzoma. Saya pikir saya sudah mempersiapkan diri, dan menghafal tesnya. Jadi saya membuka halaman untuk fungsinya, memasukkan “gụ” (yang berarti “membaca”). Saya memanggil fungsinya, dan sistem kembali dengan “gụọ”.

Aku tidak siap untuk reaksi Uzoma. Matanya bersinar, dan dia memiliki senyum besar di wajahnya. Dia senang melihat sebuah fungsi yang beroperasi dalam bahasa ibunya. Dan bukan hanya bahwa ini adalah fungsi yang baru saja dibuat, tetapi bahwa itu terbuka untuk semua orang di dunia. Semua orang bisa pergi ke Wikifunctions dan memanggil fungsi pemrosesan bahasa alami dalam bahasa Igbo. Atau menciptakan fungsi baru seperti itu, dan bagikan mereka dengan seluruh dunia.

Sebelum adanya Wikifunctions, hal itu tidak mungkin dilakukan dengan mudah. Siapa pun yang membuat fungsi seperti itu akan membagikannya, mungkin sebagai perpustakaan JavaScript. Siapa pun yang ingin menggunakannya, perlu menginstal program yang tepat di komputernya, meskipun mereka memiliki komputer. Bagaimana Anda mencoba perpustakaan Python di ponsel? Siapa yang akan membuat dan berbagi perpustakaan yang hanya menciptakan keharusan?

Dengan Wikifunctions, banyak masalah ini telah menghilang. Siapa pun yang ingin berbagi bahkan satu fungsi morfologis sangat dialu-alukan di Wikifunctions. Mereka tidak perlu membuat perpustakaan dan membagikannya melalui npm atau GitHub. Seseorang yang ingin menggunakannya tidak perlu memasang seluruh lingkungan pengembangan. Sebaliknya, mereka hanya bisa pergi ke Wikifunctions.org dan mulai menggunakan fungsi. Wikifunctions menghapus sejumlah besar potensi gesekan, sehingga lebih mudah untuk berbagi dan berkolaborasi pada perpustakaan fungsi pemrosesan bahasa alami untuk bahasa yang mungkin tidak memiliki perpustakaan pemrosesan basa alami sebelumnya.

Terima kasih banyak kepada Dolphyb yang telah memulai pembuatan fungsi Igbo! Anda dapat menemukan katalog fungsi Igbo terkini di Wikifunctions.

Fungsi Minggu Ini: Akhiri kata kerja untuk bentuk imperatif Igbo

Setelah membicarakan tentang imperatif Igbo, saya tetap menggunakan fungsi ini, fungsi morfologi pertama yang dipilih sebagai Fungsi Minggu Ini. Kita telah membahas fungsi tersebut di atas, jadi mari selami cara kerjanya.

Screenshot dari fungsi untuk imperatif Igbo

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa fungsi ini memiliki label dan deskripsi dalam bahasa Inggris, tetapi tidak dalam bahasa Igbo itu sendiri! Akan sangat baik jika diberi label dalam bahasa Igbo (dan saya tahu saya munafik di sini, karena fungsi morfologi yang saya buat untuk Kroasia juga tidak memiliki label Kroasia). Dengan memberi label fungsi dalam bahasa mereka sendiri, kami membuat Wikifunctions lebih mandiri, dan memungkinkan untuk lebih sedikit perubahan kode saat menggunakan sistem.

Fungsi ini memiliki dua pengujian, 'gụ' to 'gụọ' (untuk membaca/ membaca!) dan ‘ri’ to ‘rie’. Namun, saya tidak dapat memastikan bahwa kata terakhir tersebut merupakan pasangan kata kerja dan imperatif yang valid, sehingga berpotensi menjadikannya tes yang buruk. Ada satu implementasi dalam JavaScript, yang lolos kedua pengujian. Namun jika dilihat dari implementasinya, kita dapat melihat bahwa implementasinya cukup kompleks, dan kedua kasus uji tersebut tidak mencakup banyak kasus berbeda yang dicakup oleh implementasi tersebut. Pengujian tersebut benar-benar memberikan nilai lebih rendah pada implementasinya, karena implementasinya jauh lebih kuat dibandingkan dengan apa yang dapat kami ketahui dari pengujian tersebut.

Dengan memiliki Tes, kita meningkatkan kepercayaan kita pada Implementasi yang lulus tes tersebut. Karena kita berurusan dengan wiki, implementasi dapat berubah, dan kegagalan tes harus memberi kita umpan balik cepat bahwa sesuatu tidak baik dan bahwa kita harus bernegosiasi antara tes dan implementasi. Memiliki lebih dari satu implementasi juga dapat membantu dalam hal itu.

Tes juga dapat memainkan peran dokumentasi, menunjukkan jenis nilai yang kita dukung dan apa hasil fungsi akan memberikan pada nilai yang diberikan. Ini dapat menangkap kasus tepi, atau nilai standar, dan harus menangkap keduanya. Jika implementasi memiliki banyak jalur yang berbeda, pengujian yang berbeda harus bertujuan untuk mencakup sebanyak mungkin jalur yang berbeda.

Peran ketiga yang dapat dimainkan tes adalah menentukan ruang lingkup dan harapan untuk fungsi ketika pertama kali diusulkan dan belum dilaksanakan. Harus mudah (dan memang, kita perlu bekerja untuk mempermudah ini) untuk menambahkan Tes baru ke fungsi, termasuk bagi kontributor yang bukan pengkode. Pembicara bahasa Igbo harus dapat menambahkan lebih banyak Tes untuk fungsi ini, selama mereka mengikuti paradigma reguler untuk imperatif. Pada gilirannya, Tes ini akan membantu kontributor menulis implementasi dengan memeriksa implementasinya dan memastikannya bekerja dengan benar.

Fungsi ini memberi saya momen yang sangat hebat saat menyajikan Wikifunctions! Saya sangat berterima kasih kepada komunitas Igbo, dan kami berharap bahwa lebih banyak anggota komunitas akan merangkul pembuatan fungsi morfologi reguler untuk Igbo, baik dalam bentuk tes, implementasi, atau menjaga katalog fungsi untuk Igbo.

Perubahan terbaru pada perangkat lunak

Perubahan terbesar minggu ini adalah koreksi kebijakan 'robot' kami saat melihat halaman di Wikifunctions. Karena cara khusus kami menerapkan fungsi Wiki, yang memungkinkan setiap bahasa mendapatkan tautan 'asli', kami secara tidak sengaja memblokir robot dan mesin pencari lainnya untuk mengindeks sebagian besar konten kami. Kami sekarang telah memperbaikinya (T355441), yang berarti Bing, Yahoo!, Google, dan tempat lain akan mulai mengindeks fungsi kami secara perlahan untuk pertama kalinya (T353993). Selain itu, perencanaan kami telah membantu kami fokus pada beberapa tugas besar, yang akan kami bagikan minggu depan.